Senin, 04 April 2011

Tugas 2 Multimedia Perbedaan Format Audio

FORMAT AUDIO

1. MP3
MP3 adalah salah satu format berkas pengodean suara yang memiliki kompresi yang baik (meskipun bersifat lossy) sehingga ukuran berkas bisa memungkinkan menjadi lebih kecil. Berkas ini dikembangkan oleh seorang insinyur Jerman Karlheinz Brandenburg. MP3 memakai pengodean Pulse Code Modulation (PCM). MP3 mengurangi jumlah bit yang diperlukan dengan menggunakan model psychoacoustic untuk menghilangkan komponen-komponen suara yang tidak terdengar oleh manusia.

2. WAV
WAV berasal dari kata bahasa Inggris yang merupakan singkatan waveform audio format merupakan standar format berkas audio yang dikembangkan oleh Microsoft dan IBM. WAV merupakan varian dari format bitstream RIFF dan mirip dengan format IFF dan AIFF yang digunakan komputer Amiga dan Macintosh. Baik WAV maupun AIFF kompatibel dengan sistem operasi Windows dan Macintosh. Walaupun WAV dapat menampung audio dalam bentuk terkompresi, umumnya format WAV merupakan audio yang tidak terkompres.

3. AIFF
AIFF adalah satu format audio mula-mula dikembangkan oleh Komputer Apel untuk menyimpan berkualitas tinggi mencontoh data audio. File AIFF adalah serupa dengan Windows MELAMBAIKAN file pada berdua ukuran dan mutu. Berdua AIFF dan file GELOMBANG dapat menggenggam audio mutu CD dan oleh karenanya dapat terbakar ke atas satu cd audio. Meskipun demikian format AIFF diciptakan oleh Apel, audio program pada keduanya MAC dan PC dapat secara khas membaca file.

4. WMA
WMA adalah satu tekanan data audio teknologi yang dikembangkan oleh Microsoft. Nama biasanya tunjuk ke berkas audio format ini atau audio ini codecs. Ini adalah satu teknologi dimiliki bentuk itu bagian dari kerangka Media Windows. WMA terdiri dari empat codecs berbeda. WMA Codec asli, diketahui secara sederhana sebagai WMA, dibenihkan sebagai satu kompetitor ke populer MP3 dan realAudio codecs. WMA Ahli, satu lebih baru dan lebih codec lanjutan, dukung multichannel dan audio daya pisah ketinggian. Hilangnya codec tanpa, Rugi WMA tanpa, memampatkan data audio tanpa rugi dari kesetiaan audio (format WMA tetap bukan rugi tanpa). Dan WMA Bersuara, targeted di dalam bersuara konten, menerapkan tekanan mempergunakan satu jangkauan bit rate rendah.

5. OGG
Ogg adalah format pemuat berkas video dan audio standar terbuka bebas yang dipelihara oleh Xiph.Org Foundation. Para pencipta format Ogg mengaku bahwa format ini tidak dibatasi oleh paten perangkat lunak dan dirancang untuk menyediakan streaming dan manipulasi yang efisien terhadap multimedia digital bermutu tinggi.
Nama "Ogg" merujuk kepada format berkas yang dapat memultiplekskan sejumlah codec sumber terbuka yang saling mandiri dan terpisah untuk audio, video, teks (seperti terjemahan film), dan metadata.

6. SES
Merupakan format file adobe audition. File yang sudah disimpan kedalam format ses dapat dilakukan pengeditan ulang melalui program adobe audition. Format ses memiliki ukuran yang relative kecil karena format ses tidak menyimpan file sound tapi hanya menyimpan struktur pengeditan pada program adobe audition sedangkan file soundnya hanya berupa alamat. Untuk membuka file ses gunakan adobe audition.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar